Saturday, July 12, 2014

Keajaiban Sedekah

Keajaiban Sedekah, itulah tema dari pengajian hari Kamis, 10 juli 2014 yang disampaikan oleh Ust. Yusuf Mansur. Kajian ini diselenggarakan di Musholla As Salam Menara Prima B2, kerjasama oleh BTPN dan MTXL. 

Baru kali ini kajian ustadz yang tenar di adakan di Musholla kecil lantai Basement di gedung megah bernama Menara Prima. Berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari pembuatan woro2 (kebetulan saya PIC-nya), penataan ruangan sedemikian mungkin, sound system oleh pak Tatang sang master dan juga beberapa projector pun dikerahkan demi memfasilitasi para jamaah yang mungkin terhalang pandangannya karena bentuk ruangan yang kurang memadai untuk kegiatan kajian besar.

Keterbatasan tersebut tidak mengecilkan usaha para panitia untuk tetap melaksanakan kegiatan ini. 

Tibalah hari dimana ustad Yusuf Mansur datang untuk mengisi kajian. Walaupun saya telat beberapa menit, Alhamdulillah masih bisa mengikuti kajiannya. Dalam ceramahnya beliau memaparkan teori, pengalaman, bukti dan fakta yang pernah beliau alami. Diantaranya beliau menjelaskan bahwa setiap sedekah yang kita tunaikan, tidaklah selalu kembali dalam bentuk matrial/uang. Allah maha pencipta yang sempurna, Dia maha mengetahui apa yang sedang dibutuhkan  bukan apa yang sedang diinginkan oleh hambanya. Bisa jadi dengan sedekah katakanlah 1jt, kita tidak mendapatkan apa-apa (baca: uang), tapi disaat bersamaan kita mendapatkan kesehatan, keselamatan dan perpanjangan umur. Dan itu nilainya jauh lebih besar dari nominal 1 juta rupiah, bisa kita hitung, andaikan kita tidak dalam kondisi sehat, biaya cek ke dokter karena radang tenggorokan plus obat-obatan ringan di rumah sakit saat ini sudah hampir 1 juta, belum lagi jika kita harus beristirahat dan dirawat dirumah sakit, pasti biayanya lebih besar dari itu.

Efek dari sedekah juga jangan kita melihatnya dalam ruang lingkup yang sempit atau hanya kembali ke personal kita, bisa jadi karena sedekah yang kita lakukan itu membawa timbal balik ke orang-orang sekitar kita yang kita sayangi. Misalnya, ketika kita sedekah, ternyata diwaktu yang bersamaan, istri kita yang sedang berbelanja di pasar tiba-tiba mendapatkan diskon belanja yang nilainya besar. Hal semacam itu bisa saja terjadi. Atau karena sedekah yang kita lakukan, anak-anak kita dipermudah dan diberi ketenangan dalam menyelesaikan soal-soal ujian mereka. Karena menurut pengalaman, walaupun kadang kita sudah belajar sekeras mungkin, tapi jika mengerjakannya tidak tenang, maka hasil yang di dapat juga tidak akan maksimal.

Selain itu, percayalah selalu bahwa kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri, tapi besarta pula makhluk-makhluk yang lain. Malaikat bisa saja menjelma menjadi sosok manusia, pohon tumbang, pintu perlitasan kereta api yang rusak yang berusaha melindungi kita dari bahaya yang akan menimpa kita jika kita tidak bersedekah.

Dan satu kunci utama ketika kita bersedekah, yaitu "selalu berprasangka baik kepada Allah SWT". Dengan itu, maka kita akan merasakan ketenangan dan keikhlasan setiap kali melakukan sedekah. Dan ingatlah janji Allah, bahwa Allah akan mengganti nilai sedekah kita 700 kali lipat. Sungguh nilai yang sangat besar. 
Dan ingat, jika kita tidak mendapatkan penggantinya di dunia, percayalah Allah akan menggantinya di akhirat dan menjadi amal penolongbkita dari api neraka.

Beliau juga menambahkan, bahwa sedekah juga sebagai pengawal dari doa-doa kita, maka bersedekahlah sambil berdoa, insyaAllah Allah akan mengabulkannya. 

Di akhir ceramahnya beliau juga sharing tentang cita-cita untuk menjadi ustadz dengan bayaran paling mahal dan selalu konsisten menyandang title itu. Caranya adalah dengan meng-nol-kan (baca: menyedekahkan) bayaran ceramahnya untuk diganti oleh Allah dalam jumlah yang berlipat-lipat, Maka lalu dia buka amplop yang isinya bayaran beliau karena mengisi kajian dikantor, dan mempraktekkan menyedekahkan seluruhkan di depan mata jamaah, Subhanallah.

Lalu beliau juga mengajak para jamaah untuk melakukan hal yang sama, Alhamdulillah dalam sekejam puluhan juta pun tekumpul dalam waktu kurang dari 15 menit saja, Subhanallah.

Selepas itu, karena beliau juga harus menghadiri acara di tempat lain, beliau langsung bertolak dengan menaiki mobil patwal.

Terima kasih ustad Yusuf Mansur karena telah mengajarkan kepada kami tentang arti, contoh dan cara mengamalkan SEDEKAH.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.