Monday, September 04, 2006

Runtuhnya Teori Penyedotan Sempurna Oleh Lubang Hitam

Lubang hitam, hmm...

Berawal dari teori relativitas einstein, maka anggapan tentang lubang hitam pun muncul,, dipopulerkan lagi oleh Stephen Hawking, maka keberadaan lubang hitam semakin dikenal oleh kita..

Lubang hitam berasal dari materi2 angkasa yang tadinya berputar mengelilingi sumber gravitasi, selama materi angkasa itu masih bisa berdifusi maka tidak akan terbentuk apa yang kita sebut dengan lubang hitam karena hasil percikan difusi itu menjauhkan materi dari pusat gravitasi, namun ternyata proses difusi antara materi itu bisa tidak terjadi lagi pada akhirnya, dan inilah awal terbentuknya lubang hitam (black hole..), materi itu lalu tersedok ke pusat gravitasi dan mengalami pemapatan disana..bayangkan materi2 tersebut tersedot ke pusat, dan terus memapat hingga menjadi sebesar proton(materi didalam netron) dengan massa sekitar satu miliar ton..

Setelah proses pemapatan, lubang hitam lalu menyerap materi2 yang ada disekitarnya dan terus melakukan pemapatan, sampai segala materi yang bercahaya (termasuk bintang..) tidak bisa lagi mengeluarkan cahayanya akibat cahaya itu tersedot oleh gaya gravitasi yang maha dahsyat..para ilmuwan berpendapat bahwa kecepatan lepas dari lubang hitam setara dengan kecepatan cahaya, jadi dengan kata lain jika kita sedang berada di sekitar lubang hitam , agar kita tidak tersedot ke dalamnya, maka kecepatan yang kita butuhkan haruslah diatas kecepatan cahaya...

Sebelum direvisi, Stephen Hawking berpendapat bahwa segala materi yang tersedot kedalam lubang hitam maka akan musnah, ada beberapa bukti yang menyanggah kejadian itu, salah satunya adalah, jika hasil dari pemusnahan materi oleh lubang hitam ini atau lebih tepatnya proses penguapan materi yang dihisap tidak menyisakan materi lain, maka suhu jagad raya ini akan sangat panas yaitu 1000 derajat celcius hanya dalam beberapa detik (bayangkan..), untungnya hal itu tidak terjadi...jadi anggapan kalau segala materi yang tersedot tdk bersisa itu salah besar...Sanggahan lainnya adalah jika penyedotan sempurna itu memang ada, maka akan menjatuhkan dan tidak menganggap hukum "KEKEKALAN ENERGI" itu ada, dan juga hukum "RELATIVITAS EINSTEIN" tidak lagi berlaku..

Akhirnya Stephen Hawking menyatakan kekeliruannya itu pada bulan Juli 2004..Ia berpendapat bahwa lubang hitam menyisakan materi2 yang disedotnya menjadi materi bentuk lain yang lebih rumit adanya..Jika saja materi yang dihasilkan lubang hitam dapat di telaah dan di extrak menjadi materi yang diketahui maka kemungkinan kita dapat mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan ataupun dimasa terdahulu..

Namun tentang "APA ITU LUBANG HITAM?", blum ada yang tahu pasti..

para ilmuwan berpendapat bahwa kita ini sedang mengitari Lubang Hitam besar yang berada di tengah jagad raya, tapi dilain sisi ada ilmuwan juga yang berpendapat bahwa jagad raya ini terus melebar..hal itu bisa terjadi karena tenaga jagad raya tuk terus berdifusi masih cukup tuk menghindar dari lubang hitam, namun suatu saat tenaga itu pasti akan habis, dan disaat itu seluruh jagad raya akan terhisap ke dalamnya..

pertanyaanku :

"kapan tenaga itu habis dan kapan yang kita sebut dengan KIAMAT UNIVERSAL itu terjadi..."

Mudah2an kejadian itu masih lama dan saya sudah berada disurga, Amin..

1 comment:

  1. kiamat universal?? mungkin dia terjadi kala semua yang ada di dunia ini udah ga sanggup untuk menahan tangis dari apa yang telah diperbuat oleh manusia, chaos by human.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.